06 Maret 2010

Koneksi internet yang cepet apa ya?

Sebenernya udah lama mo sharing ini, tapi gak tahu kenapa baru sempet aja nulisnya. maklumlah namanya juga buruh, waktu luangnya gak tentu hehehehe.

Ok langsung aja, ceritanya kali ini saya mo membandingkan kecepetan bandwith dari 3 provider yaitu indosat, telkomsel, dan Smart. Oh ya tools yang dipake buat ngecek bandwith melalui situs online www.speedtest.net

Koneksi pertama yang dipake adalah matrix broadband produk indosat yang katanya sudah mengusung teknologi 3.5G. Waktu awal dipake cukup lumayan lah speednya, tapi pas di sharing untuk 3-4 user, berat juga ternyata dan kurang memuaskan. Berikut screenshoot hasil test bandwithnya:
matrixMaksimal donlot hanya 0.15 Mbps yang setara dengan 4 menit untuk download file sebesar 5MB.

Terus kebetulan ada temen yang pake TelkomFlash, penasaran dicoba juga speednya, hasilnya:
telkomflashKecepatan download lebih baik daripada matrix, untuk download file sebesar 5MB perlu waktu 3 menit.

Terakhir, koneksi yang saya test adalah produk dari smart dengan USB modemnya. Kecepatan modem teorinya hingga 7.2 Mbps, paket koneksi platinum dengan maksimal speed 3.2 Mbps. Pengen tahu aktualnya? ini dia hasil testnya:Kecepatan downloadnya sampai 1.26 Mbps, ini sama dengan 32 detik untuk download file 5 MB. Udah gitu walaupun di sharing sampai 4 user, speednya masih memadai. makanya sampai sekarang saya masih pake untuk koneksi internet rame-rame.

Yang lebih hebat lagi, waktu di cirebon saya coba juga pas waktu itu smart masih awal muncul. hasilnya:
Kecepatannya jauh lebih baik, yah mungkin karena masih baru kali ya. Download file 5MB hanya perlu waktu 24 detik.

Oh ya, semua paket yang dipakai unlimited data. Masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya. Kelebihan smart dibandingkan yang lain, karena jaringan antara voice dan data dibedakan, kita bisa internetan sambil telpon bersamaan. Hanya kekurangannya pakai IP sharing jadi untuk yang biasa download di hosting gratisan sering susah. Kekurangan Indosat dan Telkomflash, walaupun unlimited, ada penurunan kecepatan setelah quota tertentu. Nah silahkan pilih koneksi mana yang sesuai dengan kebutuhan.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Koneksi internet yang cepet apa ya?"

Posting Komentar